Thursday, November 10, 2016

Permainan Bilangan Menggunakan Barisan Fibonacci

Jika diamati, saat kita menyaksikan seorang pesulap memainkan triknya, khususnya yang terkait dengan prediksi suatu bilangan, penonton atau relawan biasanya akan dituntun oleh si pesulap untuk melakukan langkah-langkah tertentu.

Jika dianalisis ternyata langkah-langkah tersebut dapat membentuk sebuah alur logis atau algoritma tertentu. Algoritma tersebut seperti halnya saat kita mengerjakan soal-soal matematika. Namun dari sekian langkah logis tersebut disisipkan beberapa algoritma pengecoh, sehingga penonton atau relawan menjadi terkecoh dan tidak sadar bahwa sebenarnya kita sudah dituntun pada sebuah jawaban pasti.

Dalam matematika sangat mungkin untuk membuat permainan bilangan dengan menggunakan triks-triks yang menarik. Salah satunya kita bisa menggunakan barisan Fibonaci sebagai sebuah permainan yang menarik.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan alat-alat kertas, pensil, dan kalkulator.
  2. Pada selembar kertas, buatlah 10 baris dan minta saorang teman Anda untuk menulis sebuah bilangan pada baris yang pertama, dan yakinkan Anda tidak mengetahui bilangan tersebut.
  3. Minta teman yang lainnya untuk menuliskan bilangan yang lainnya pada baris yang kedua, dan yakinkan bahwa Anda juga tidak mengetahuinya.
  4. Sekarang mintalah salah satu dari mereka menambahkan bilangan-bilangan tadi dan hasilnya dituliskan pada baris ketiga.
  5. Mintalah mereka untuk meneruskan barisan tersebut, dengan cara menjumlahkan dua bilangan yang terakhir.
  6. Pada saat sampai pada baris ketujuh, mintalah mereka berhenti sejenak dan memberitahukan bilangan berapa baris ke tujuh tersebut, kemudian Anda catat dan kalikan dengan sebelas dan hasilnya anda tuliskan pada sebuah kertas dan masukkan dalam amplop kemudian tutuplah, dan teman Anda mintalah melanjutkan perhitungannya sampai dengan baris ke sepuluh.
  7. Setelah selesai, mintalah mereka menjumlahkan seluruh bilangan tersebut, dan yakinkan Anda tidak melihat bilangan-bilangan tersebut.
  8. Dengan sedikit tambahan triks selayaknya seorang pesulap, berikan amplop tadi kepada teman Anda dan minta mereka mencocokkan hasilnya.
  9. Mudah bukan?
Share:

0 comments:

Post a Comment